Tigerfish Indonesia Datnioides Coius Microlepis

Tigerfish Indonesia Datnioides Coius microlepis | Tigerfish Indonesia yang dalam bahasa latin dikenal dengan Datnioides coius mcrolepis memiliki penampilan yang sangat mencolok dengan tubuh dalam ikatan pita vertikal berwarna hitam gelap dan memiliki warna dasar bervariasi dari perak dengan berbagai nuansa perunggu dan emas kuning.



Ikan ini jelas diciptakan untuk menjadi predator. Mereka memiliki mulut besar yang dapat terbuka lebar untuk menangkap mangsa. Mereka juga memiliki mata besar yang, yang terlihat agak menyeramkan, bergerak secara independen dan memperhatikan setiap langkah Anda.

Tigerfish yang berasal dari perairan tawar dan payau dari Asia Tenggara. Dari lima spesies dijelaskan tiga ditemukan hampir seluruhnya di air tawar, sedangkan dua lainnya sebagian besar di air payau.
Mereka pada umumnya sulit di temukan di toko-toko ikan dan aquarium, akan tetapi mereka dapat di peroleh pada took-toko khusus. Harga mereka bisa mahal, terutama untuk spesimen yang lebih besar atau dari species yang tergolong langka dan banyak dicari orang.



[next]

Merawat Tigerfish di Rumah


Jangan menyimpan dan mencampur ikan ini dengan ikan yang terlalu agresif.  Selain itu juga mereka tidak harus disimpan dengan ikan kecil yang mereka cenderung untuk memakannya dan jangan pernah meremehkan ukuran mulutnya, karena mereka dapat melebarkan mulutnya dengan ukuran yang tidak anda kira.  Mereka biasanya dapat disimpan dengan ikan non-agresif yang terlalu besar untuk bagi mereka untuk menelannya.

Sahabat yang cocok meliputi bichirs, knifefish, arwana, dan kategori cyprinids besar seperti hiu Perak dan Tinfoil barbs serta lele ukuran menengah.

Tigerfish adalah tipe ikan teritorial dan semi-agresif terhadap jenis mereka sendiri. Sebaiknya jika ingin memelihara ikan ini satu saja  atau dalam kelompok yang lebih besar dengan lima atau lebih ikan ini.

Mereka memiliki ukuran yang serupa tetapi perlu diingat bahwa mereka akan membutuhkan tangki/akuarium besar. Khusus spesies Campbelli Datnioides, bagaimanapun, sebainya  disimpan dalam tangki sendiri.

Meskipun mereka  tumbuh relative lambat, semua spesies ini dapat mencapai atau melebihi 30cm / 12 inchi didalam akuarium, dan D. microlepis dilaporkan mampu mencapai 60cm / 24 inchi di alam liar.

Untuk satu specimen dewasa, minimum berada dalam ukuran tangki sekitar 120 x 38 x 38cm / 48 x 18 x 18 inchi . Untuk  sekelompok specimen dewasa minimum  180 x 60 x 60 cm / 6 'x 2' x 2 ' atau menggunakan tangki yang lebih besar akan lebih baik.


.
Tigerfish tidak rentan terhadap penyakit tertentu, dan tampak sangat prima dan ikan ini tipe sekali menetap. Tidak ada perbedaan yang jelas antara jenis kelamin dan pengembang biakan di akurium tidak diketahui. Mudah-mudahan ini akan memberikan semangat bagi penggemar ikan untuk berdedikasi belajar lebih banyak tentang mereka.
[next]

Identifikasi spesies

Ada lima spesies yang valid dari Datnioides - campbelli, microlepis, Pulcher, quadrafasciatus dan undecimradiatus. Sebuah makalah yang diterbitkan oleh Roberts dan Kottelat pada tahun 1994 membahas campbelli, microlepis dan quadrafasciatus, dan memperkenalkan undecimradiatus sebagai spesies baru.

Referensi juga dibuat untuk perbedaan dalam populasi "microlepis" yang ditemukan di Kalimantan dan Sumatera terhadap yang ditemukan di cekungan Mekong dan Chao Phraya, tetapi mereka tidak ditujukan sebagai spesies atau subspesies terpisah.

Namun, dalam sebuah makalah lebih lanjut (Kottelat, 1998), populasi di cekungan Mekong dan Chao Phraya ditetapkan sebagai spesies baru, Coius (Datnioides) Pulcher, berdasarkan serangkaian besar bahan yang diteliti. Kottelat menyatakan bahwa tidak ada perbedaan morfologi antara dua spesies ini, tetapi bahwa karena mereka "entitas didiagnosis" (terutama atas dasar tanda) dengan asal-usul evolusi yang terpisah, mereka dapat dianggap sebagai spesies yang terpisah.

Dua spesies sebagian besar payau, D. campbelli dan D. quadrifasciatus, dapat relatif mudah dibedakan. D. campbelli (sering dikenal sebagai tigerfish New Guinea) cenderung memiliki warna daerah kepala gelap dengan speckling gelap pada tubuh kekuningan, yang terlihat dengan warna agak kehijauan. Tepi pita tidak berbeda seperti  dari spesies lain.

Beberapa sumber tampaknya telah meremehkan ukuran potensi maksimum ikan ini, yang tampaknya dapat mencapai  45cm / 18 inchi atau lebih besar.
D. quadrifasciatus, kadang-kadang dikenal sebagai Silver tigerfish, jauh lebih umum tersedia (setidaknya lebih dari satu toko khusus ikan). Spesies ini cenderung berwarna  perak dan memiliki daerah dahi terlihat cekung.

Jenis ini adalah yang terkecil dari tigerfish, mencapai maksimum sekitar 30cm / 12 inch. Distribusi alaminya jauh lebih luas daripada D. campbelli yaitu memanjang dari India ke Indonesia dan New Guinea.

D. microlepis sering disebut sebagai tigerfish ukuran sedang. Yang pada awalnya digunakan sebagai sarana membedakannya dari cambelli dan quadrifasciatus, yang memiliki skala yang relatif lebih besar. Namun, baru-baru ini dijelaskan Pulcher dan undecimradiatus memiliki ukuran yang juga hamper sama, jadi ini tidak dapat lagi digunakan sebagai sarana membedakan antara ketiganya.

D. microlepis berasal dari Kalimantan dan Sumatera, sehingga kadang-kadang disebut tigerfish Indonesia. Bar yang dimiliki lebih bervariasidan jumlah barnya lebih banyak dibandingkan dengan D. Pulcher. Ukuran maksimum dikutip bervariasi; ada yang mengatakan ukuran maksimal adalah sampai 60 cm / 24 inch.

D. undecimradiatus biasanya memiliki tiga bar sempit pada tubuh, sehingga sering disebut sebagai Thin Bar dat / tigerfish. Jenis ini berasal dari cekungan Mekong dan tumbuh menjadi sekitar 40cm / 16 panjang.

D. Pulcher memiliki penampilan yang paling mencolok dan memiliki pita(band) yang lebih lebar  yang mengarah ke nama nya yaitu Wide Bar dat / tigerfish. Datang dari lembah sungai Mekong dan Chao Phraya di Thailand, ini barangkali harus dianggap sebagai tigerfish Siam asli. Jenis ini dapat tumbuh sampai sekitar 45cm / 18 inch, tetapi tidak mungkin untuk mencapai ukuran maksimum jika jenis ini berada di akuarium.

Related

Ikan 3189513434931110329

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Feature Ads

Hot in week

Recent

Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item