Lebah, Serangga Penghasil Madu

Lebah, Serangga Penghasil Madu - Dunia Hewan | Seluruhnya lebah masuk dalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera : serangga bersayap selaput). Didunia ada kurang lebih 20. 000 spesies lebah serta bisa diketemukan di tiap-tiap benua, terkecuali Antartika. Ia memiliki tiga gunakan kaki serta dua gunakan sayap. Sarangnya di bangun dari malam yang ada dalam tubuhnya.

Lebah, Serangga Penghasil Madu

Lebah Ratu

Tiap-tiap kasta lebah memiliki pekerjaan semasing. Lebah ratu cuma satu ekor dalam tiap-tiap koloni serta mengawal seluruhnya aktivitas lebah betina serta lebah jantan. Komposisi kromosomnya diploid hingga bisa membuahkan keturunan. Tubuhnya semakin besar lantaran mulai sejak masih juga dalam bentuk larva ia di beri makan royal jelly yang kaya manfaat. Pekerjaan intinya adalah kawin serta bertelur. Lebah ratu yang aktif dapat bertelur kurang lebih 2. 000 butir satu hari. Harapan hidup lebah ratu adalah tiga th..
Lebah, Serangga Penghasil Madu

Lebah Betina (Lebah Pekerja)

Lebah betina atau lebah pekerja menghimpun serbuk sari serta nektar. Madu adalah product hasil pemrosesan makanan ini dalam badannya serta disimpan dalam sarang lebah untuk makanan, termasuk juga untuk larva serta pupa. Ada pula lebah betina yang bertugas bersihkan sarang serta melindungi anak-anak lebah. Harapan hidup lebah pekerja adalah tiga bln. atau lebih sedikit. Lebah betina terbentuk tanpa ada lewat perkawinan (“partenogenesis”) serta mandul (steril) lantaran cuma mempunyai satu set kromosom (haploid).

Lebah Jantan

Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu serta bakal mati sesudah kawin. Lebah jantan adalah lebah hasil perkawinan yang di beri makanan nektar serta madu umum (bukanlah “royal jelly”). Ada juga lebah yang hidup menyendiri, tak dalam grup. Type lebah yang sekian dimaksud lebah soliter.

Untuk siklus hidupnya, lebah melakukan metamorfosis komplit (“holometabola”) hingga ada empat step bentuk kehidupan

Telur yang menetas bakal jadi larva. Pada bagian ini, lebah pekerja bakal berikan larva makanan berbentuk serbuk sari, nektar, dan madu. Beberapa nektar yang dikumpul oleh lebah pekerja disimpan juga sebagai madu. Sesudah sekian hari, larva bertukar jadi pupa dan sebagainya jadi anak lebah.

Lebah, Serangga Penghasil Madu

Lebah di alam berperan utama juga sebagai serangga penyerbuk paling utama. Kesukaannya bakal nektar serta serbuk sari digunakan tumbuhan untuk penyerbukan serta penyebaran serbuk sari. Dalam penyerbukan buatan tanaman spesifik, lebah dipelihara dalam kurungan diisi tumbuhan yang bakal disilangkan.

Manusia juga memakai madu juga sebagai makanan dan obat. Pemeliharaan lebah untuk di ambil madunya sudah dikerjakan manusia mulai sejak lama. Pengetahuan perihal lebah serta pemeliharaannya di kenal juga sebagai apiari. Usaha peternakan lebah juga dimaksud dengan nama itu.

Sebagian type lebah mempunyai sengat yang sebenarnya berbentuk fatal untuk dianya. Sengat ini digunakan manusia dalam penyembuhan sama akupunktur yang diberi nama therapy lebah (apitherapy).



referensi: hewanpediadotcom

Related

Serangga 4477408907249403213

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Feature Ads

Hot in week

Recent

Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item