Ada Macan dalam Dunia Katak

Ada Macan dalam Dunia Katak - Dunia Hewan | Katak terkadang buat orang jijik atau geli. Mungkin saja inilah argumennya mengapa orang tidak ingin mendekati terlebih memegangnya. Namun terkadang katak menarik untuk dilihat lantaran keanekaragaman bentuk badan ataupun warna kulitnya lantaran hewan amfibi ini sangat banyak macamnya. Salah satu katak yang menarik yaitu katak macan.

Ada Macan dalam Dunia Katak


Katak ini warna kulitnya mirip motif kulit macan, belang oranye dengan gabungan hitam serta ada pula yang serupa motif kulit macan tutul. Warna yang lain yaitu coklat tua atau kehitaman dengan bintik-bintik putih atau oranye. Garis tidak tebal berwarna oranye memanjang dari segi mulutnya ke belakang badan. Tulang punggungnya tak terlihat. Ke empat kakinya juga bergaris oranye. Perut katak ini berwarna abu-abu jelas hingga coklat tua dengan bercak kuning kecil.

Ada Macan dalam Dunia Katak

Habitat katak macan yaitu di rawa-rawa terlebih di air yang tenang atau mengalir pelan yang ada banyak tumpukan daun. Berkembang biaknya sama dengan katak yang lain yakni bertelur lalu menetas jadi berudu lantas lakukan metamorforse untuk jadi katak dewasa.

Macamnya ada dua yakni katak macan merah nama ilmiahnya Hylarana Picturata serta katak macan hijau nama ilmiahnya Staurois Natator.

Ada Macan dalam Dunia Katak

Katak Macan Merah (Hylarana Picturata) yang jantan lebih kecil dari yang betina. Panjang badan yang jantan dari diukur dari ujung moncong sampai pangkal paha kaki belakang sekitar 4 cm, sedang yang betina dapat meraih nyaris 7 cm.

Reproduksi katak ini lewat sistem perkawinan lalu bertelur jadi berudu atau kecebong berwarna hitam dengan tampilan bercahaya kebiruan. Sirip ekor cukup panjang serta mempunyai sirip kelenjar kulit cerah yang bakal tampak bila ada dibawah sinar. Berudu ini hidup di air mengalir lambat atau yang tenang. Kita kerap temukan berudu ini di segi sungai dengan tumpukan daun. Kecebong ini mengutamakan diri hidup di ruangan tumpukan sampah daun. Pada siang hari mereka bersembunyi serta saat malam hari berenang ke permukaan. Dalam pertumbuhannya bakal lakukan metamorforse dari mulai tumbuh kaki, menyingkirkan sirip serta ekor lalu beralih jadi katak dewasa.



Referensi : hewanpediadotcom
 

Related

Reptil 2640289990013841962

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Feature Ads

Hot in week

Recent

Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item